Follow Us @soratemplates

Sunday 19 October 2014

Proposisi Kategoris dan Kelas

Proposisi kategoris dan Kelas

Proposisi kategorik adalah  proposisi yang mengandung pernyataan tanpa adanya syarat. Proposisi ini dapat dianalisis sebagai pernyataan tentang kelas-kelas , menegaskan atau menyangkal bahwa satu kelas termasuk dalam yang lain, baik seluruhnya atau sebagian. Kelas yang disebutkan secara singkat dalam bab preciding , di mana kelas dijelaskan menjadi koleksi semua benda yang memiliki beberapa karakteristik tertentu yang sama. Ada berbagai cara di mana kelas dapat berhubungan satu sama lain. Jika setiap anggota satu kelas juga merupakan anggota dari kelas dua, maka kelas pertama dikatakan disertakan atau terkandung dalam kedua. Berbagai hubungan yang berbeda antara kelas ditegaskan atau ditolak oleh preposisi categirical. 

Ada empat bentuk standar yang berbeda dari proposisi kategoris , yang lillustrated oleh proposisi berikut empat : 
1  Semua politisi adalah pembohong  
2  Tidak ada politisi adalah pembohong  
3  Beberapa politisi adalah pembohong  
4  Beberapa politisi tidak pembohong 

Contoh pertama adalah proposisi afirmatif universal. Ini adalah pernyataan tentang dua kelas , kelas dari semua politisi dan kelas dari semua pembohong , mengatakan bahwa kelas disertakan atau terkandung dalam kedua , yang berarti bahwa setiap anggota dari kelas pertama juga merupakan anggota dari kelas kedua . Dalam contoh ini, subjek istilah " politisi " menunjuk kelas dari semua politisi , dan predikat istilah " pembohong " menunjuk kelas semua pembohong . Setiap proposisi afirmatif universal yang dapat ditulis secara skematis sebagai :
Semua S adalah P.  di mana huruf S dan P mewakili subjek dan predikat istilah , masing-masing. Nama " afirmatif universal" adalah tepat karena preposisi menegaskan bahwa hubungan inklusi kelas memegang antara keramah dua kelas , dan inklusi selesai atau yang universal : semua anggota S dikatakan anggota P juga .

Contoh kedua : Tidak ada politisi adalah pembohong, 
adalah proposisi negatif universal. Ini menyangkal politisi universal bahwa mereka adalah pendusta . Membuat pernyataan tentang dua kelas , ia mengatakan bahwa kelas pertama dikeluarkan dari kedua sepenuhnya dikecualikan - yang mengatakan bahwa tidak ada anggota dari kelas yang juga anggota dari kedua . Setiap proposisi negatif universal yang dapat ditulis secara skematis sebagai :
Tidak S adalah P.
di mana, sekali lagi , huruf S dan P mewakili subjek dan predikat istilah . Nama "universal negatif " adalah tepat karena proposisi menyangkal bahwa hubungan inklusi kelas memegang antara keramah dua kelas , dan membantah univesally : tidak ada anggota pada semua S adalah anggota P.

Contoh ketiga :
Beberapa politisi adalah pembohong .
adalah proposisi afirmatif tertentu. Jelas apa contoh ini menegaskan bahwa beberapa anggota kelas dari semua politisi ( juga ) anggota kelas dari semua pembohong . Tapi itu tidak menegaskan hal itu politisi universal : tidak semua politisi universal dikatakan pembohong , melainkan beberapa politisi tertentu atau politisi . Preposisi ini tidak menegaskan tidak menyangkal bahwa semua politisi adalah pembohong : itu tidak membuat pernyataan tentang masalah tersebut . Ini tidak benar-benar menyatakan bahwa beberapa politisi yang tidak pembohong , meskipun dalam beberapa konteks mungkin diambil untuk menyarankan itu . The literal , interpreptation minimal proposisi ini adalah bahwa kelas politisi dan kelas pembohong memiliki beberapa anggota atau anggota yang sama . Untuk kepastian , kita akan mengadopsi bahwa penafsiran minimal sini.
Kata " beberapa " adalah terbatas . Apakah ini berarti " setidaknya satu , " atau " setidaknya dua , " atau " setidaknya seratus " ? atau berapa banyak ? Demi kepastian , meskipun hal ini dapat menyimpang dari penggunaan biasa dalam beberapa
kasus adalah kebiasaan untuk menganggap kata " beberapa" sebagai berarti setidaknya satu . Jadi afirmatif proposisi tertentu , ditulis secara skematik sebagai : Beberapa S adalah P   Ditafsirkan sebagai serting bahwa setidaknya satu anggota dari kelas yang ditunjuk oleh istilah subjek S juga merupakan anggota yang ditunjuk oleh istilah predikat P. Nama " parricular amrinative " adalah appropritate karena proposisi menegaskan bahwa hubungan inklusi kelas memegang , tapi doe tidak menegaskannya dari kelas pertama universal , terakhir hanya partically , beberapa anggota tertentu atau anggota kelas 

Keempat contoh: 

Beberapa politisi tidak pembohong 
Apakah proposisi negatif aparrticular  Contoh ini , seperti yang sebelumnya itu, khususnya dalam hal itu dosis tidak mengacu pada politisi universal tetapi hanya untuk beberapa anggota tertentu atau anggota dari kelas itu . Tapi tidak seperti furmer , itu dosis tidak menegaskan bahwa membrs tertentu dari kelas refermed untuk termasuk dalam kelas kedua : ini adalah tepat apa yang ditolak . Sebuah proposisi negatif tertentu skematis writtenas : 
Beberapa S bukan P 
Menegaskan bahwa setidaknya satu anggota dari kelas yang ditunjuk oleh istilah subjek S IS dikecualikan dari seluruh kelas yang dirancang dengan istilah predikat P.  Apakah itu tradicionally menyatakan bahwa semua argumen deduktif yang amalyaable dalam hal ini empat bentuk standar proposisi kategoris , dan cukup banyak teori dibangun sekitar them.not proposisi semua standar - bentuk kategoris yang sederhana andstraight - maju sebagai contoh dianggap tus jauh . Meskipun subjek dan predikat istilah off standar -dari kategorik proposisi kelas menunjuk , mereka mungkin ekspresi cukup rumit bukan kata-kata tunggal. Misalnya, proposisi : 

Semua kandidat untuk posisi adalah orang-orang terhormat dan integritas, Memiliki sebagai subjek dan predikat istilah , masing-masing, " kandidat untuk posisi " frase dan orang-orang terhormat dan integritas . 

Kualitas, kuantitas , dan distribusi

Setiap standar bentuk proposisi kategoris dikatakan memiliki kualitas baik dan " kuantitas " kualitas priposition adalah positif atau negatif sesuai dengan cuaca inklusi kelas ( lengkap atau parsial ) ditegaskan atau ditolak oleh proposisi . Jadi baik universal afirmatif dan proposisi afirmatif tertentu yang afirmatif dalam kualitas . Sementara universal yang negatif dan khususnya proposisi negatif keduanya negatif . Ini adalah kebiasaan untuk menggunakan huruf A , E , I, dan O sebagai nama untuk empat bentuk standar proposisi kategoris , afirmatif universal yang universal negatif, afirmatif tertentu, dan khususnya negatif. Nama surat yang dianggap Berasal dari kata latin " AffIrmo " dan " nego " yang berarti " saya mengiakan " dan saya mengingkari masing-masing. Jumlah proposisi bersifat universal atau tertentu sesuai dengan cuaca proposisi mengacu kepada semua anggota atau hanya untuk beberapa anggota kelas yang ditunjuk dengan istilah subjek . Dengan demikian proposisi dan e bersifat universal dalam kuantitas , sedangkan proposisi I dan O yang khusus dalam kuantitas . Kami amati bahwa nama afirmatif universal " universal yang negatif " unik menggambarkan masing-masing dari empat bentuk standar dengan menyebutkan pertama kuantitas dan kemudian kualitas 
Setiap standar bentuk proposisi kategoris dimulai dengan salah satu kata " semua " tidak "atau " beberapa " kata-kata ini menunjukkan kuantitas proposisi , dan disebut bilangan " dua yang pertama menunjukkan bahwa proposisi adalah universal ketiga bahwa itu adalah tertentu . Selain mengungkapkan kuantitas yang universal quantifier "tidak" server untuk menunjukkan kualitas negatif dari E proposisi Antara istilah subjek dan berpredikat dari setiap bentuk proposisi kategoris standar terjadi beberapa bentuk kata kerja "menjadi " ( disertai dengan kata " tidak " dalam kasus O proposisi ) ini berfungsi untuk menghubungkan istilah subjek dan berpredikat . Dan disebut " kata kerja penghubung " dalam formulasi skema yang diberikan dalam bagian sebelumnya hanya " adalah " dan " tidak " muncul tapi tergantung pada bagaimana proposisi tersebut diuraikan sebaliknya , bentuk lain dari kata kerja " menjadi" mungkin lebih tepat . Sebagai contoh di berikut ada proposisi
Beberapa kaisar Romawi adalah monster .
Semua komunis yang fanatik Simbol " itu " adalah " dan tidak akan " berfungsi sebagai kopula . Kerangka umum atau skema bentuk proposisi kategoris standar dari empat bagian , pertama quantifier , maka istilah subjek , di samping kerja penghubung , dan akhirnya istilah predikat . Skema ini dapat ditulis sebagai Quantifier (istilah subjek ) kerja penghubung (istilah berpredikat ) 

Pada interpretasi kelas, subjek dan predikat segi bentuk proposisi kategoris standar menunjuk kelas benda , dan proposisi dianggap sebagai tentang kelas-kelas ini . Proposisi bisa merujuk ke kelas dengan cara yang berbeda , tentu saja. Proposisi A dapat merujuk kepada semua anggota kelas , atau mungkin merujuk hanya beberapa anggota dari kelas itu . Ini proposisi

Contoh :
A ==> Semua manusia akan mati
            Semua tanaman butuh air
I==>  Sebagian mahasiswa kerja part time
          Beberapa pedagang dipasar jualan ikan
E==>  semua kucing bukan burung
           Semua mahasiswa tidak buta huruf
O==>  sebagian siswa tidak lulus

           Beberapa orang tidak bias melukis

No comments: